Sabtu, 22 Maret 2008

Kuliah gratis, Mau?

Ditengah semakin mahalnya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) ditambah dengan kecilnya jaminan mendapatkan pekerjaan yang memadai setelah lulus dari PT itu sendiri, tentunya ini merupakan masalah besar bagi sebagian besar pelajar indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di PT pada umumnya. Namun selain dari PT yang menawarkan biaya tinggi tersebut ada beberapa PT yang membebaskan dari segala biaya perkuliahan (gratis) alias full beasiswa, sebut saja PT tersebut dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). PTK biasanya dikelola oleh dinas, instanti, departemen, atau perusahaan baik pemerintah maupun swasta tertentu yang menjamin biaya pendidikan dari mahasiswanya. Selain itu PTK tersebut juga memberikan jaminan kerja di instansi induknya untuk bekerja dan inilah yang disebut dengan Ikatan Dinas.

Beberapa PTK ini tentu saja lumayan memberikan harapan bagi pelajar di Indonesia yang kurang mampu agar bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi secara gratis dan mendapatkan jaminan pekerjaan yang lumayan layak setelah lulus dari PT tersebut.
Dari sekian banyak PTK ini ada yang benar-benar membebaskan seluruhnya biaya perkuliahan bahkan ada juga yang memberikan uang saku bagi mahasiswanya. Sebagai contoh Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang membebaskan biaya kuliah dan memberikan uang saku bagi mahasiswanya. Ada juga Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang hanya bebas biaya kuliah namun tidak memberikan uang saku. Namun di samping yang bebas kuliah tersebut masih ada juga yang tetap harus membayar biaya perkuliahan meskipun tidak sebesar yang harus dibayar di perguruan tinggi pada umumnya.

Jadi setidaknya ada 3 (tiga) keuntungan dari Perguruan Tinggi Kedinasan ini yaitu bebas dari biaya perkuliahan (full beasiswa atau kuliah gratis), mendapat uang saku, dan jaminan mempeloh pekerjaan setelah lulus dari Perguruan Tinggi tersebut. Jadi sudah saatnyalah anda yang dibayar perguruan tinggi bukan anda yang membayar ke perguruan tinggi.
Untuk lebih lengkapnya informasi setiap PTK yang ada di blog ini silahkan untuk menghubungi kontak dari masing-masing PTK.

Selamat kuliah gratis....

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah boleh juga kuliah gratis..

yocky mengatakan...

wah........q blh daftar gak, ya?

eWhoT mengatakan...

eh juga tuch...pi rata2 daftarx susah

Lieztya mengatakan...

q pgen daftar,,
tpa otak q gak pinter2 amat& skill q biasa2 aja.bisa masuk ga yahhhhhh????

Anonim mengatakan...

Apa gak ada peluang untuk anak2 SMK?
knpa cuma anak2 SMA aja?
kayaknya gak adil

Violette 1412 mengatakan...

Ada kok buat SMK,,,cek aja di Website: amg.ac.id atau bmg.ac.id kalau gak salah,,,,,itu tentang meteorologi dan geofisika kalau untuk anak SMK bagian instrument nya,,,,,

Anonim mengatakan...

lau di aceh daftar nya ke mn y?

Anonim mengatakan...

mau mau mau............

Anonim mengatakan...

aku mau dong, tapi saya dari jurusan smk administrasi perkantoran apakah bisa masuk sana?

Anonim mengatakan...

saya dari adm perkantoran, nama kuliah apa yg gratis dan terjamin kualitasnya . bila ada dijakarta mana yah karna rumah saya dijakarta :) maksih jawab yah

jacobgeorge mengatakan...

syarat-syaratnya apa aja sih,,pngen masuk nih

vie she chiendee mengatakan...

semoga aku bisa masuk stan,stis,ipdn,,,amin